Belajar Kesehatan

Tuesday, December 11, 2018

Kenali 7 Macam Penyakit Kulit Ini

Di negara tropis terutama negara berkembang, penyakit kulit merupakan hal yang umum. Indonesia juga terdapat beberapa penyakit kulit yang ditakuti masyarakatnya. Yang menjadi faktor penyebabnya ialah suhu, kebersihan diri sendiri maupun lingkungan. Apa saja penyakit kulit tersebut?


Panu 

Panu disebutkan dalam nama medis tinea versicolor atau pityriasis versicolor, merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur. Jamur itu berjenis malassezia furfur atau pityrosporum ovale. Biasanya panu muncul karena kurangnya kebersihan diri atau penularan dari orang lain. Bagian tubuh yang paling sering muncul di bagian punggung, dada, leher dan lengan atas.

Kurap

Kurap merupakan infeksi yang disebabkan oleh jamur. Kurap dapat ditularkan dari kontak fisik langsung dengan penderita atau dengan benda yang sudah terkontaminasi seperti selimut, hewan, handuk, pakaian, tempat tidur dll. Orang yang terkena kurap akan mengalami kerontokan rambut bahkan kebotakan.

Kudis

Kudis merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau. Tungau mampu hidup selama beberapa hari dan dapat menular dari orang yang sudah terinfeksi. Gejala kudis adalah munculnya ruam dan rasanya sangat gatal. Biasanya kudis muncul di sekitar kepala, leher, telapak tangan, telapak kaki dan diantara jari.

Frambusia

Frambusia atau lebih dikenal dengan patek, merupakan infeksi kronis karena bakteri treponema pallidum yang menyerang kulit, tulang dan tulang rawan. Penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dan dapat menyebabkan sipilis. Namun, frambusia tidak menyerang sipilis. Gejalanya berupa bentol-bentol dan luka pada kulit.

Jerawat

Jerawat atau acne vulgaris, merupakan kondisi kulit saat folikel rambut tersumbat dengan kulit mati dan minyak yang membuat peradangan. Jerawat bisa terjadi pada wajah, pundak, punggung dan dada. Jerawat juga dapat menyebabkan stres emosional dan dapat membekas.

Kutu Rambut

Infeksi kulit pada rambut disebut dengan pediculosis capitis. Kutu rambut juga dianggap sebagai parasit karena memakan darah manusia. Biasanya kutu rambut menyerang anak-anak, namun ada juga yang menyerang orang dewasa atau hewan berbulu.

Eksim

Eksim atau dermatitis atopik merupakan kondisi kulit yang menyebabkan gatal-gatal dan menghilang dalam beberapa waktu. Eksim menyebabkan peradangan pada kulit, gatal, kering serta pecah-pecah. Biasanya muncul disekitar kepala, dahi dan wajah. Penyebabnya belum teridentifikasi namun peneliti percaya bahwa faktor resikonya berupa alergi makanan atau asma.

No comments:

Post a Comment