Belajar Kesehatan

Tuesday, December 11, 2018

Manfaat Daun Kelor

Daun kelor merupakan tumbuhan yang berasal dari suku Moringaceae. Ukuran daun kelor kecil, bentuknya oval dan memiliki tangkai. Tinggi pohonnya bisa mencapai 11m yang ujungnya dihiasi dengan bunga kuning. Nama latin daun kelor adalah Moringa Oleifera, yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut penjelasannya


Anti stres

Daun kelor merupakan adaptogen alami, yang berarti memiliki kemampuan melindungi tubuh dari efek toksik yang dipicu melalui stres.


Menurunkan gula darah

Gula darah yang tinggi dapat menjadi penyebab diabetes, yang seiring berjalannya waktu mampu menyerang jantung. Salah satu cara pencegahannya ialah menggunakan daun kelor. 50 gram daun kelor yang dicampur kedalam makanan mampu menurunkan gula darah sebanyak 21%.

Mengurangi peradangan

Peradangan disebabkan karena infeksi atau cidera. Peradangan yang berkelanjutan dapat menjadi gejala jantung dan kanker. Namun, kandungan anti aflimasi pada daun kelor mampu mengurangi peradangan tersebut.

Menurunkan kolestrol

Kadar kolestrol yang tinggi dalam gula darah mampu meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Selain daun kelor, makanan yang mampu menurunkan kolestrol antara lain gandum dan kacang almond.

Kaya antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Hal tersebut dapat mencegah stres dan menghindari timbulnya penyakit diabetes. Daun kelor dapat diseduh menjadi teh atau diekstrak menjadi bahan pengawet makanan alami.

Anti kanker

Ekstrak daun kelor dapat menjadi obat anti kanker serviks yang telah ditunjukkan oleh studi. Ekstrak kelor mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan sebagai pencegahan alami.

Anti diabetes

Kandungan mineral untuk memproduksi insulin bersifat anti diabetes. Peneliti menyimpulkan bahwa penyembuhan ini hampir mendekati dasar yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit diabetes.

Pengobatan arthritis

Daun kelor mampu mengurangi peradangan dan rasa sakit dari bentuk arthritis. Daun kelor juga dapat mengurangi kepekaan rangsangan sakit pada rematik. Kombinasi akar dan ekstrak daun kelor memiliki efek sinergis untuk mengurangi rasa sakit tersebut.


Kesehatan sistem pencernaan

Sumber kalsium dan serat pada daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan tersebut mampu mengontrol berat badan dengan membuat tubuh merasa lebih kenyang dan lebih lama serta mendukung proses metabolisme tubuh.

Menyehatkan mata

Daun kelor mengandung vitamin A yang lebih baik dibandingkan wortel. Mengonsumsi daun kelor setiap hari dapat memberikan efek baik yang besar pada kesehatan mata.

No comments:

Post a Comment