Belajar Kesehatan

Tuesday, December 11, 2018

Jangan Dibuang! Inilah Manfaat Dari Kulit Semangka

Ada banyak sekali manfaat kulit semangka yang dapat kita gunakan. Kulit semangka mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kita, tidak disangka ya padahal seringkali kita anggap kulit semangka hanyalah sampah.

Kandungan nutrisi pada 2,5x2,5 kulit semangka terdapat 1,8 kalori. Kulit semangka juga mengandung vitamin C sebanyak 2% dan vitamin B6 sebanyak 1%

Berikut manfaat kulit semangka :


Kekebalan tubuh

Kulit semangka mengandung zat citrulline yang berguna sebagai zat anti oksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Citrulline dapat menjadi arginin berupa asam amino yang penting untuk peredaran darah dan sistem imun tubuh. Kandungan tersebut juga baik untuk kesehatan jantung dan impotensi.

Menyembuhkan disfungsi ereksi

Para peneliti mencatat bahwa citrulline dapat membantu pembuluh darah rileks bahkan menyembuhkan disfungsi ereksi. Karena mampu meningkatkan aliran darah, citrulline menjadi obat alami untuk peningkatan libido.

Menyehatkan prostat

Kulit semangka mengandung likopen yang merupakan antioksidan. Kandungan tersebut mampu menurunkan kerusakan yang ada pada jaringan prostat. Walau masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun mereka percaya bahwa kulit semangka dapat mencegah kanker prostat.

Mengatasi jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu, namun kulit semangka ternyata dapat mengatasinya. Kulit semangka dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cara menggosokkan kulit pada area jerawat secara merata. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Mencegah penyakit kardiovaskular

Kulit semangka mengandung zat kalium yang dapat berguna untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Selain itu, kalium juga dapat menjaga fungsi kerja jantung sehingga mampu mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular atau jantung.

Mencegah penuaan dini

Selain untuk kesehatan, kulit semangka juga baik untuk kecantikan. Kandungan nutrisi lycopene yang ada pada kulit semangka cukup banyak sehingga dapat mencegah radikal bebas yang mampu mencegah penuaan dini dengan cepat.


Kulit semangka juga dapat membantu penyembuhan penyakit hipertensi, infeksi pada kandung kemih, pembersihan ginjal dan penyakit anemia. Kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih kehijauan dapat dibuat menjadi jus, manisan dan sebagai masakan.

Setelah kulit semangka dikeringkan dan dihaluskan, sekitar 20gram diambil untuk dimasak dengan air secukupnya. Air rebusan itulah yang nantinya akan diminum dengan rutin sekitar 1 bulan.

No comments:

Post a Comment